Atunk

Rabu, 24 Maret 2010

sisi lain tehnologi

perkembangan tehnologi tidak dipungkiri sangat membantu dalam kehidupan manusia. pekerjaan sulit akan dipermudah dengan adanya tehnologi.
tetapi ternyata dibalik keuntungan dari adanya tehnologi tadi, ada sisi negatif dengan adanya tehnologi tadi, diantara yang dapat saya sebutkan adalah:
1. dalam bisnis perdagangan, dahulu masih menggunakan cara tradisional yaitu dipasar tradisional. transaksi dilakukan dengan saling bertemunya penjual dan pembeli sehingga tercipta komunikasi, hubungan sosial yang ber akibat terjalinnya silaturahim atau ikatan kekeluargaan antara penjual dan pembeli.
sekarang sudah banyak pasar moderen yang disebut supermarket dimana transaksi dilakukan langsung oleh kasir yang pada kenyataannya jarang terjadi komunikasi antara penjual dan pembeli. rasa kekeluargaan mulai pudar.

2. dahulu untuk kegiatan-kegiatan organisasi sering digunakan undangan dalam bentuk tertulis disebuah kertas. haltersebut terkesan lebih menghormati orang-orang yang diundang.
sekarang ini undangan sudah menggunakan SMS yang bersifat lebih praktis. tetapi nilai kesopanan dan penghormatan akan sedikit berkurang.

Dua contoh diatas menunjukan bahwa setiap perkembangan tehnologi ada dampak negatif. jadi tergantung bagaimana cara kita memanfaatkan tehnologi tersebut..

selamat memenfaatkan tehnologi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar